Kematian

Mungkin hampir semua orang takut dengan kematian, karena dengan kematian semuanya akan lenyap. Eksistensi ‘saya’ akan lenyap. Lebih mengerikan daripada kegelapan, karena kegelapan masih ada ‘aku’ yang mengamati/mengalami kegelapan. Ini, tidak ada anda yang sedang mengalami kematian apalagi mengamati kematian, karena ‘anda’ itu sendiri LENYAP.

Lenyap itu sendiri sebenarnya bukanlah masalah bagi kita (karena kita udah pernah ‘merasakannya’ waktu sebelum lahir). Tapi yang jadi masalah adalah kegamangan kita, keengganan kita untuk tidak menetap, untuk mengikuti tarian alam semesta yang harus selalu mengandung perubahan.

Akhirnya, kita seharusnya skeptis dengan keberadaan kita sendiri. Saya rasa ini adalah salah satu jalan untuk mempersiapkan diri menuju kematian dengan lebih sedikit kegelisahan. Dengan skeptis terhadap eksistensi kita sendiri, mungkin dapat lebih membantu mencairkan ‘ego’ kita,… jangan berhenti mempertanyakan diri sendiri, … sampai segala sesuatunya terasa melebur dengan sekitar.

Salam skeptis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s