Ketenangan Pikiran

Ketenangan pikiran bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja, tidak harus dengan meditasi suasana tenang atau laku tapa/doa/ibadah yang lainnya, jika kita tahu mekanisme apa yang dibutuhkan dalam menenangkan pikiran.

Ini sharing saja dari saya, mungkin bisa berlaku untuk anda ataupun tidak. Yang saya temukan, pikiran atau lebih tepatnya kerja otak itu mekanis, dapat diketahui dan jelas tahapan2nya.

Tadi saya sedikit merenung, saya lagi agak stress dengan tekanan pekerjaan dan tidak sabar menunggu jam pulang nantinya untuk bisa bermeditasi melepaskan stress. Karena masih jauh jam pulangnya, maka saat istirahat siang tadi saya gunakan untuk tidur di kursi sejenak. Namun tetap saja rasa stress menghantui membuat saya tidak bisa rileks.

Lalu saya berpikir mengapa saya harus menunggu jika saya memang menginginkan ketenangan pikiran saat ini juga. Tidak bisakah saya bermeditasi di kursi dengan segala gangguan khas kantor/bengkel tempat saya bekerja?

Lalu saya ngeh, yang membuat saya mendapatkan ketenangan pikiran dalam meditasi BUKAN ritualnya, bukan cara duduk bersila, bukan cara atur nafas dan cara fokus pada nafas, itu semua adalah sarana untuk mempermudah, tapi bukan esensinya. Tapi yang saya temukan adalah KEMAUAN untuk menggerakkan mekanisme otak ini menggunakan cara/metode meditas yang telah saya sebut tadi. Bahkan bilapun tidak memungkinkan bermeditasi dengan sempurna, misal tidak bisa duduk bersila, tidak bisa mendapatkan suasana tenang, dsb, itu bukan masalah! Memang kemauan tanpa dibantu metode (dalam hal ini meditasi) tidaklah efektif, namun selama ini kebiasaan jadwal meditasi yang membantu saya memperoleh relaksasi itu sebagian besar bukanlah kemauan dari dalam, melainkan hanya dari kebiasaan saja yang akhirnya saya jadi tergantung oleh kebiasaan untuk bisa mendapatkan pikiran yang rileks.

So dengan mengetahui bahwa kita bisa mendorong diri kita sendiri (kemauan diri sendiri) dalam mengubah mood, saya pun segera menerapkan hal2 yang masih mungkin bisa saya lakukan di tempat kerja dalam konteks metode meditasi. Utamanya, atur nafas, komit fokus di situ 5 menit, membiarkan usaha itu mengubah mood (mekanisme otak) saya perlahan2. Langsung terasa efeknya kok di tengah gempuran pikiran2 lain yang berkaitan dengan pekerjaan.

Mudah2an sharing ini bisa bermanfaat, salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s