Nasionalis

Pemikiran bahwa bangsa kita sedang dijajah secara ekonomi oleh bangsa lain adalah pemikiran bodoh dan cetek. Bodoh karena mau saja ikut2an males bermental korban. Cetek karena hanya melihat satu sisi saja yaitu kemajuan bangsa2 barat (sampai bisa menjajah secara ekonomi colonthree emoticon ).

Lihat donk betapa bangsa2 barat itu berjuang keras bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Sejak kolapsnya kerajaan romawi, mereka bersimbah darah dan keringat mengatasi masalah perbudakan, rasisme, tekanan dari para klerik kristen, kedinginan, penyakit menular, kelaparan, sampai ribuan kali mengalami peperangan dari perang agama, perang saudara sampai perang dunia. Bandingkan dengan bangsa kita di abad awal sampai pertengahan masehi (sampai masa penjajahan asing), relatif cuma terjadi perang antar kerajaan, kemerdekaan, kedamaian dan kemakmuran sering dirasakan selama berabad2 karena tanah kita subur.

Mereka bangsa barat mengatasi tantangan alam dengan kecerdikan, dan bangsa kita pernah hebat dengan kemakmuran dan spiritualitasnya (hindu budha). So, ketika kita sepertinya terpuruk sampai saat ini, sepertinya mudah untuk mengkambing-hitamkan bangsa lain (barat). Padahal perjuangan bangsa barat gak kalah hebatnya dengan kita bahkan mungkin relatif lebih berat… Pernah ngalamin musim dingin di Indonesia? Pernah mengalami masalah rasis yang sangat berat? Separah2nya rasis di budaya kita gak pernah sampai menganggap manusia budak belian hanya karena warna kulit. Pernah mengalami perang atau tekanan dari agama? Dibakar hidup2 hanya karena ide2 kreatif?

Mereka bangsa barat bangkit dengan revolusi intelektual meruntuhkan bangunan cengkraman agama dan kekuasaan absolut. Dan dari situ membangun kejayaan modernitas mereka. Mengapa kita hanya bisa IRI? Jangan mau kalah! Kita dulu pernah berjaya dengan masa hindu budha. Jangan mau diajak untuk bermental korban. Bangkit. Kita itu sejajar, bahkan lebih dari bangsa barat.

Hanya kalau kita mau belajar, dan bukannya makin sekterian dan tertutup, antipati duluan dengan modernitas barat squint emoticon

Saya bukannya menyarankan ikut2an gaya barat, kalau gitu doank mah dangkal cuma dapet kulitnya (ky sekarang bangsa kita lagi getol ikut2an kearab2an dulu kebarat2an). Yang harus kita ambil adalah nilai positifnya dari modernitas dan maju bersaing persis seperti yang dilakukan Jepang setelah dibom-atom dan mereka tidak cengeng (gak ada apa2nya dengan kita yang cuma dijajah fisik). Begitu pula dengan Cina, usaha dari tangan bangsanya sendiri (produk Cina dimana2) head to head dengan USA dan negara maju lainnya.

Salam nasionalis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s